Selasa, 11 Oktober 2011

Urang Kutai

Banyak Hal Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Kita, Mengaku Urang Kutai Karena Kutai Adalah Asal Dari Nama Tempat Yang Pertama :

1. Kedua Nama Kutai Sudah Dikenal Sejak Awal Abad Masehi Yang Mana Pendatang Atau Pedagang India Menyebut Nama Wilayah Kerajaan Kutai Ini Dengan Sebutan Quitaire Artinya Belantara Dan Ibukotanya Bernama Maradavure (Martapura) Kerajaan Ini Menguasai Beberapa Pulau Dan Lautan Disebut Sagara Dan Sarana Transportasi Sungainya Disebut Mahakama (Asal Nama Mahakam) Artinya Gairah Cinta Yg Agung. Semuanya Berada Di Pulau Terluas Ke-3 Dunia Ini Awal Bernama Ratnadwiva, Kemudian Disebut Naladwiva, Borneo Dan Akhirnya Kalimantan. Maka Didalam Prasasti Yupa Raja Segara Mulawarman Adalah Penguasa Pravatam Sadiva Samalaya Penguasa Negeri Pertama Nusantara.

2. Kedua Nama Kutai Diabad Ke-9 Terkenal Dengan Nama Kho-Thay Yaitu Bandar (Kota Besar) Yang Memiliki Pelabuhan Perdagangan Terkenal Sampai Ke Penjuru Negeri Melalui Jalur Perdagangan Sutra Yang Berpusat Di Tionkok.

3. Ketiga Nama Kutai Disebut Tunjung Kute Pada Abad Ke-13 Kolonial Jawa (Majapahit), Ingin Menguasai Wilayah Ini Dan Menempatkan Seorang Batara Yang Merupakan Pimpinan Pangkalan Militer Di Jahitan Layar Sekarang Tempat Itu Diberi Nama Kutai Lama Yang Merupakan Sebuah Tanjung Riwana Dan Disinilah Awal Mulaya Kesultanan Kutai Kartanegara Bermula.

4. Jadi Kutai Awalnya Bukan Nama Suku, Melainkan Nama Tempat Atau Wilayah Transit Perdagangan Terbesar Dizamanya Dari Awal Abad Masehi Dan Dari Sinilah Tumbuh Suatu Pemerintahan Kerajaan Yang Terkenal Didunia Yakni Kerajaan Kutai Adalah Kerajaan Hindu Tertua Indonesia.

5. Kutai Memiliki 5 Suku Yang Sekarang Ini Muncul Motto Kutai Urang Jagau Dimana Dari Kutai Telah Munculnya Kembali Pewaris-Pewaris Kerajaan Yang Berhak Membangun Kembali Kejayaan Kutai Keturunan Dari Maharaja Kutai Mulawarman, Maka Dengan Adanya Hal Tersebut Dibuatlah Lembaga Kerajaan Kutai Mulawarman Yang Bermotto Tuah Emba Arai, Penyeru Perdamaian Abadi Didunia Tatkala Fajar Menyingsing Diufuk Timur, Dan Lembaga Suku Kutai Diharapkan Menjadi Pioner Yang Handal Sebagai Pembawa Amanat Kutai Raya Semesta Yang Tujuanya Adalah Mengembalikan Kedaulatan Rakyat Secara Nyata Dialam Berketuhanan Yang Maha Esa Dan Berdasarkan UUD 45 NKRI Dan Pancasila Bhinika Tunggal Ika Yang Berkekuatan Batin Gandawala Rah-tih (Merah Putih). Raih Lah Masa Depan Nan Abadi Nusantara Jaya.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar