Sabtu, 23 Juli 2011

HONGKONG SAR

Tiongkok

HONG KONG S.A.R.

Hong Kong memiliki nama resmi Hong Kong Special Administrative Region (Hong Kong SAR), atau dalam bahasa Mandarin disebut Xianggang Tebie Xingzhengqu.

Pemerintahan

Hong Kong memiliki kepala negara yaitu Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Hu Jintao, dengan sistem pemerintahan ala Presidensial dengan Dewan Eksekutif (Executive Council-EXCO) sebagai kabinetnya yang beranggotakan 7 anggota non-official dan 14 anggota official, dipimpin oleh Chief Executive the Honourable Donald Tsang Yam-kuen, GBM. Dalam kabinet Hong Kong tidak dikenal posisi Menteri Luar Negeri karena kebijakan luar negeri menjadi tanggung jawab dan wilayah kerja Pemerintah Pusat RRT.

Di samping EXCO terdapat juga Dewan Legislatif (Legislative Council-LEGCO) yang menjadi parlemen negara bagian dengan sistem satu kamar, beranggotakan 60 orang dengan masa tugas 4 tahun; pada tahun 2004, 30 dipilih secara tidak langsung oleh kelompok fungsional, 30 sisanya dipilih secara langsung. LEGCO diketuai oleh Rita Fan Hsu Lai-tai GBS, JP, MA, BSc.

Hong Kong menjadi bagian dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sejak 1 Juli 1997, yang dirayakan Hari Pendirian Hong Kong SAR. Hari nasional lainnya adalah Hari Nasional RRT yang jatuh pada tanggal 1 Oktober.

Bahasa
Bahasa resmi Hong Kong adalah bahasa Mandarin, Kanton dan Inggris.

Demografi/Kependudukan
Hingga akhir tahun 2009, tercatat jumlah pendudukn Hong Kong mencapai jumlah 7.026.400 jiwa, dengan komposisi pria dan wanita yang hampir seimbang, yaitu 3.300.000 orang pria dan 3.726.400 orang wanita.                

Mayoritas penduduk Hong Kong mengaku sebagai Buddhis atau pengikut Taoisme. Sebagian besar penduduk Hong Kong juga menjalankan ritual pemujaan nenek moyang sebagai akibat kuatnya pengaruh Konfusianisme. Sekitar 500.000 penduduk memeluk agama Kristen dan Katolik. Selain itu masih terdapat kelompok pemeluk agama Islam, Hindu, Sikh, Yahudi, dan lainnya dengan jumlah antara 2000 – 20.000 orang.

Ekonomi

Ekspor Utama:
Pakaian dan aksesori pakaian; mesin listrik, alat-alat listrik, dan komponen listriknya; perhiasan, peralatan emas dan perak, dan benda berlogam mulia dan setengah-mulia; serat tekstil, kain, produk turunannya, dan produk terkait; dan barang cetakan.

Komoditi Utama re-ekspor:
Barang konsumsi; bahan mentah dan setengah jadi; bahan bakar; dan barang modal.

Impor Utama:
Barang konsumsi; bahan mentah dan setengah jadi; bahan bakar; dan barang modal.


GDP Total: US$ 177.13 miliar
Per kapita: US$ 25,622.22
GNP Total: US$ 169.07 miliar
Per kapita: US$ 24,564.85

repost from: http://www.deplu.go.id/hongkong/Pages/CountryProfile.aspx?l=id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar